Senin, 27 Juni 2016

soppeng bukan hanya kalong dan permandian air panas lejja.

Jika anda berkunjung ke SulSel, mampirlah ke Kabupaten soppeng 200 KM sebelah utara Makassar. Disini bukan hanya ada kalong (kelelawar) yang bergantungan di pohon asam tepat di pusat kota atau permandian air panas lejja di kecamatan marioriawa, 44 KM sebelah utara kota soppeng.

Kabupaten yang berjuluk bumi latemmamala ini mempunyai berbagai alternative tempat wisata, antara lain:
1.       Permandian alam Ompo
Ompo merupkan permandian alam yang banyak dikunjungi  wisatawan domestic. Airnya yang jernih, dingin dan menjadi sumber air bersih masyarakat soppeng. Terletak di kelurahan ompo, kecamatan lalabata, kurang lebih 3 KM dari sebelah utara kota soppeng.

2.       Permandian alam Citta
Tempat wisata ini berjarak 35 KM sebelah timur kota Soppeng, terletak di desa Citta, kecamatan Citta. Di tempat ini ada air terjun yang menghiasi dinding tebing yang mengalir tenang dan menghasilkan simfoni alam yang damai. Masyarakat setempat mempunyai akifitas mengelolah tembakau secara tradisional.

3.       Sumber mata air asin
Soppeng yang berupa daerah pegunungan dan tidak mempunyai wilayah laut memiiki keunikan sendiri yaitu terdapat sumber air asin yang terletak di desa appejenge. Terdapat mitos tentang awal kemunculan sumber air asin tersebut yang bernama ladidda ini dulunya sepasang suami istri yang hilang kemudian dikutuk menjadi batu dengan alasan satu dari sumber mata air tersebut menyerupai alat vital pria dan yang satunya lagi mirip alat vital perempuan. Terdapat pantangan bagi yang berkunjung ke tempat ini yaitu dilarang meludah dan membuang kentut di kawasan tersebut karena akan mendapat celaka nantinya. Masyrakat setempat menggunakan sumber air asin tersebut untuk air minum ternak dan beberapa warga mengambil untuk dijemur lalu dibuat garam.

4.       Gua coddong citta
Ini adalah fenomena alam yang terbentuk di kawasan batu gamping karst berjuta tahun yang yang lalu. Dahulu gua ini di gunakan oleh manusia purba untu berlindung dari cuaca buruk dan serangan binatang  buas. Di dalam goa ditemukan tengkorak manusia spesies etnis bugis. Letak goa ini sekitar 53 KM sebelah timur kota soppeng di desa citta, kecamatan liliriaja.

5.       Villa Yuliana
Villa Yuliana merupakan villa peninggalan belanda yang ada di kabupten soppeng, villa ini mempunyai kembaran di belanda yang merupakan wujud kecintaan ratu yuliana. Menurut masyrakat setempat oang yang masuk kesini akan kesasar, mereka yang di lantai satu akan kesasar ke lantai dua atau sebaliknya.

6.       Pemakaman kuno Jera’ Lompo’e
Kompleks makam kuno jera lompoe terletak di sebelah barat mesjid raya kurang lebih 1 kilometer, tepatnya di desa bila kecamatan lalabata. Kompleks makam kuno jera lompoe merupakanbagian dari kompleks istana datu soppeng. Makam ini menunjukkan transisi islam dan pra islam. Tempat ini dapat dijadikan tempat rekreasi karena lokasinya yang tinggi dari posisi daripada tanah di sekitarnya. Kompleks ini memiliki luas 85x75 meter persegi dan diresmikan pada 06 november 1981 sebagai taman purbakala. Terdapat sebuah makam yang unik yaitu nisan yang berbentuk hulu badik dan satu-satunya di SulSel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar